Model Khimar Syari – Secara istilah, khimar merupakan penutup aurat dari atas kepala hingga menutup bagian dada tanpa menutupi muka. Khimar ini tidak diikatkan ke leher seperti kerudung, karena akan memperjelas bentuk lekuk dada dari wanita. Desain khimar yang sesuai dengan syarat syari yaitu menjulur lurus ke bawah dari atas kepala hingga menutupi leher sampai seluruh dada dari depan maupun belakang, serta kainnya tidak tipis dan tidak menerawang. Khimar bisa dikatakan merupakan salah satu jenis jilbab yang cara pemakaiannya praktis dan instan.

Jika dahulu model khimar syari sebagian besar cenderung polos warnanya dan desainnya monoton, kini seiring dengan perkembangan dunia fashion busana muslim, model khimar telah banyak dibuat dengan beragam desain dan gaya mulai dari pola potongannya hingga sentuhan motif dan detail-detail yang ada pada setiap sisinya. Namun, supaya sesuai dengan kaidah syari yang dianjurkan, pengaplikasian detailnya tidak boleh terlihat berlebihan. Sehingga, aksen atau motif yang dituangkan pada ragam model khimar hanya di bagian bawahnya saja. Misalnya saja sebagai contoh, model khimar syari modifikasi dengan aksen renda yang baru menjadi tren beberapa tahun belakangan ini. Ragam model ini merupakan kreasi dari para desainer busana syari yang ingin menampilkan model lain dari khimar supaya tidak monoton. Namun, tentu saja, aksen renda tersebut hanya terdapat di bagian bawah jilbab agar tetap terlihat sederhana. Penerapan renda ini dimaksudkan untuk menambah variasi dan mempertegas garis antara khimar serta gamisnya.

Selain renda, aksen lainnya yang dapat ditambahkan pada khimar syari antara lain, lace atau brokat yang dapat memberikan kesan tampilan yang lebih feminim dan vintage. Namun, aplikasi renda brokat ini lebih cocok digunakan oleh wanita dewasa agar penampilannya lebih terlihat “matang”. Untuk anak muda kurang cocok karena akan menimbulkan kesan lebih tua. Sebaiknya, untuk anak muda lebih bagus bila memilih model desain khimar syari dengan tampilan aplikasi yang cendrung girly ataupun sporty dengan pemilihan kain dan detail yang sesuai. Untuk menambah aplikasi dan variasi gaya, bisa juga dipilih model khimar dengan potongan yang lebih sederhana dan asimetris.

Berikut ini beberapa pilihan jenis kain yang cocok digunakan untuk bahan membuat model jilbab khimar syari:

  • Kain Viscon

Merupakan kain yang teksturnya sejenis kain sifon yang lembut dan tidak licin, namun lebih tebal.

  • Kain Wool Peach (Wolfis)

Merupakan jenis kain yang memiliki sifat flowy, mudah dibentuk, nyaman, tidak panas, tidak menerawang, dan simple karena mudah untuk digunakan.

  • Twiscone
    Merupakan jenis kain yang dapat digunakan untuk bahan gamis dan juga kerudung, serta memiliki sifat tidak tebal dan tidak tipis. Kain twiscone ini biasanya memiliki warna-warna polos.
  • Kelly
    Merupakan jenis kain yang bahannya adem dan jatuh, serta tidak mudah kusut.
  • Jet Black

Merupakan jenis kain yang teksturnya hampir sama dengan kain twiscone, namun tidak setebal kain twiscone.

  • Cerutti
    Merupakan jenis kain yang memiliki beragam warna yang cantik-cantik, namun kain ini tidak tipis dan sedikit menerawang, sehingga bila digunakan untuk khimar syari biasanya digunakan secara double atau bersusun lapis.
  • Dobby
    Merupakan jenis kain yang tidak menerawang dan memiliki tekstur seperti kain katun.

Itulah sekiranya informasi yang bisa disampaikan mengenai berbagai ragam model khimar syari hingga jenis-jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat jilbb khimar. Semoga menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk anda.

Ada artikel yang bagus untuk dibaca juga disini tentang gamis syari

Seputar Beragam Model Khimar Syari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *