Penanda Waktu Imsak 2017

Waktu Imsak

Waktu Imsak 2017 – Bagi umat islam, tentu sangat menanti-nanti kedatangan bulan suci Ramadhan karena pada bulan ini dianggap sebagai bulan yang mulia, bulan yang penuh dengan berkah yang mana bulan itu banyak sekali mengandung berkah dan hikmah bagi kita umat muslim. Selain itu, karena pada bulan ramadhan ketika kita beramal shaleh dan pahalanya dilipat gandakan oleh Alloh SWT daripada saat beramal pada bulan yang lainnya.

Penanda Waktu ImsakMaka dengan datangnya bulan Ramadhan itulah, seluruh umat manusia an khususnya umat muslim dapat serta mendapat keberkahan dan kegembiraan dari perayaan bulan Ramadhan. Untuk umat muslim, sudah sepantasnya kita turut maka untuk itu kita sebagai umat Islam sepantasnya jika memeriahkan bulan puasa Ramadhan itu sebagai momen penting karena bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan dan juga bulan penuh hikmah. Tak hanya untuk menyiapkan bulan kemeriahan bulan puasa saja, sudah sepantasnya umat islam berlomba-lomba dalam kebaikan untuk merebut hikmah dan pahala selama bulan puasa Ramadhan.

Untuk menjalankan ibadah puasa, umat muslim harus menahan diri dari segala makan dan minum atau segala yang membatalkannya mulai dari imsak hingga tergelincirnya matahari atau pada saat maghrib. Pengertian imsak berasal dari bahasa Arab yaitu amsaka-yumsiku-imsak yang memiliki makna menahan. Sehingga, dari pengertian tersebut, maka waktu imsak merupakan waktu dimana harus mulai untuk menahan diri dari segala hal yang bisa membatalkan puasa. Namun, pada saat imsak masih dibolehkan untuk makan atau minum dengan catatan selama belum memasuki waktu subuh. Tetapi, ada yang memaknai waktu imsak 2017 dengan istilah yang umumnya dipahami tentang pengertian imsak ialah saat seseorang telah memulai untuk berhenti dari makan sahur agar tak terlewat hingga memasuki waktu subuh.

Penanda waktu imsakSelain menjadi penanda waktu untuk mengawali ibadah puasa, imsak juga memiliki keistimewaan tersendiri di antaranya adalah waktu juga mengantarkan kita untuk menjumpai fajar dan bisa melaksanakan solat subuh dengan tepat waktu. Batas dimulainya waktu berpuasa sebenarnya bukan saat masuk waktu imsak, namun adalah saat memasuki waktu subuh.

Sebagaimana terdapat dalam ayat Allah SWT di dalam Al-Quran: Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam, janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. (QS Al-Baqarah: 18)

Maka yang dimaksud dengan disebut dengan fajar di dalam ayat di atas adalah bukan saat terbitnya matahari. Fajar merupakan fajrus-shadiq, yaitu seberkas cahaya putih terang yang menyebar di ufuk bagian timur yang muncul sesaat sebelum terbitnya matahari. Ada dua jenis fajar, yaitu fajar kazib dan fajar shadiq. Fajar kazib merupakan fajar yang fana, yang sesuai dengan namanya. Artinya, pada saat dini hari menuju pagi, ada cahaya yang agak terang dan memanjang dan mengarah ke bagian atas di tengah-tengah di langit. Bentuknya menyerupai ekor Sirhan (srigala), lalu langit bisa menjadi gelap kembali itulah sebabnya fajar ini disebut fajar yang fana atau menipu.

Sedangkan jenis fajar yang kedua ialah fajar shadiq, yaitu fajar yang nyata yang merupakan fajar yang berupa berkas cahaya putih agak terang yang menyebar di ufuk timur yang muncul beberapa saat sebelum terbitnya matahari. Fajar ini menandakan masuknya waktu shubuh. Inilah fajar yang sebenarnya. Nah, waktu antara fajar shadiq dan terbitnya matahari inilah yang menjadi penanda dimulainya waktu untuk berpuasa.

Demikian ulasan tentang waktu imsak 2017 yang bisa menjadi referensi bagi anda. Terimakasih dan selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *