Jenis ciput

Apa Saja Manfaat Ciput?

Trend hijab yang lagi booming memang membuat hampir semua muslimah ingin memakai hijab. Hijab sendiri sudah kian berkembang model dan bahannya. Masalahnya untuk pemula, menggunakan hijab tidak semudah yang terlihat dalam sejumlah tutorial memakai hijab. Terkadang ada yang susah mengkondisikan rambut yang suka keluar-keluar saat memakai hijab. Jenis ciputHijaber Pemula Wajib Tahu 6 Jenis Ciput Ini!

Memakai ciput adalah salah satu alternative untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ciput sendiri merupakan bagian dalam hijab yang berfungsi sebagai pembungkus rambut agar lebih rapi. Selain itu, jenis ciput juga bermanfaat untuk membuat rambut tidak terlihat khususnya ketika menggunakan kerudung dengan bahan sifon yang notabenya berbahan transparan dan sedikit licin saat dipakai. Ciput sendiri memiliki banyak macam, berikut adalah macam-macam ciput yang wajib Anda ketahui;

Ciput turban
Ciput memang banyak macamnya, salah satu macam ciput yang banyak digemari adalah ciput turban. Ciput yang hanya menutup bagian kelapa tanpa menutup bagian leher ini biasanya memiliki bagian depan yang berkerut atau ada variasinya. Manfaat dari variasi ini adalah untuk memperindah tampilan hijab dan memberikan aksen tersendiri ketika menggunakan hijab. Ciput ini memiliki model yang hampir seperti kerudung smok.

Ciput pet
Ciput pet atau yang biasa disebut sebagai ciput topi ini juga tak kalah popular. Ciput yang memiliki aksen topi pada bagian depannya ini menjadi idola tersendiri bagi hijabers. Bagaimana tidak, aksen topi yang memberikan efek tersendiri bagi pemakainya memang banyak digemari. Aksen topi ini juga akan memberikan efek bagi bentuk wajah.

Ciput bandana
Untuk ciput yang satu ini merupakan model ciput yang hanya dijadikan sebagai aksesori atau penghalang poni rambut agar tidak keluar-keluar. Sesuai dengan namanya, bandana, yang pada dasarnya memang hanya digunakan sebagai aksesoris. Karena pada hakikatnya memakai hijab haruslah menutup semua bagian kepala dan tidak diperbolehkan terawang, maka menggunakan ciput bandana harus disertai penggunaan hijab yang pada dasarnya berbahan tebal dan tidak menerawang.

Ciput ninja
Ciput ninja adalah ciput yang paling banyak digemari. Ciput yang menutup bagian leher ini digemari karena memiliki banyak manfaat. Modelnya yang seperti ninja memberikan efek tersendiri, khususnya dapat menyamarkan pipi hijabers yang tembem. Tak hanya itu, menggunakan ciput ninja juga bisa digunakan untuk berbagai kreasi hijab. Menggunakan ciput ninja sendiri akan membuat hijabers aman, bagaimana tidak, model ninja yang menutup leher membuat pemakai tak perlu khawatir bagian dalam kepala terlihat khususnya bagian leher.

Ciput dengan cepolHijaber Pemula Wajib Tahu 6 Jenis Ciput Ini!
Ciput dengan cepol juga tak kalah hits dengan cepol ninja. Ada dua macam model ciput cepol, ciput cepol model ninja dan turban. Keduanya memiliki aksen sanggul pada bagian belakang cepol. Namun, dewasa ini ciput dengan aksen cepol dibelakang menjadi perdebatan, pasalnya aksen cepol yang menyerupai punuk unta sendiri cukup dilarang menurut agama islam.

Demikian adalah penjelasan tentang ciput dan beberapa macam modelnya. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pnggunaan ciput itu sendiri. Namun demikian, Sesuaikan style hijab dengan model inner yang akan dipakai, jangan sampai penggunaan ciput malah akan membuat kesan risih dan panas. Tak hanya itu, jika memilih model ciput cepol jangan lupa untuk menyesuaikan dengan ajaran-ajaran yang berlaku, jangan sampai berlebihan hingga menjadikan tampilan Anda malah terkesan aneh. Selamat mencoba!

Hijaber Pemula Wajib Tahu 6 Jenis Ciput Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *